Babinsa Bekali Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar MAN 6 Tangse

Sigli-aceh.expost.co.id

Guna meningkatkan cinta terhadap tanah air di lingkungan para pelajar, Babinsa Koramil 16/Tangse Kodim 0102/Pidie Peltu T. Hasanuddin memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan kepada Siswa/siswi baru yang bertempat di ruang belajar MAN 6 Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Senin (24/07/2023). 

Dalam pembekalannya Peltu T. Hasanuddin mengatakan, para generasi muda terutama dilingkungan sekolah baik siswa maupun siswi harus memahami Wawasan Kebangsaan untuk mewujudkan kecintaannya kepada bangsa Indonesia, dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dan memahami 4 pilar Negara yaitu Pancasila , UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

"Perilaku cinta tanah air bisa diwujudkan oleh siswa-siswi baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari hari, diantaranya bersekolah dengan rajin belajar dan berlatih , bercita-cita luhur, mentaati aturan atau hukum, menghormati perbedaan suku dan keragaman, bersikap prilaku yang baik , ikut bela negara dan lain sebaginya.""

Dengan di terpakan pemahaman wawasan kebangsaan kepada pelajar, maka para siswa dan siswi akan bangga mejadi warga negara Indonesia dan pewaris budaya yang menguatkan identitas bangsa Indonesia. 

Wawasan kebangsaan juga sebagai pembentukan karakter secara dini bagi para siswa, karena akan ditanamkan sikap disiplin, taat aturan, jujur, prilaku sopan santun, sikap toleran dan menghargai perbedaan sebagaimana tertuang dalam Bhinneka Tunggal Ika sehingga menjadi individu yang maju, berdikari, handal dan tanggung jawab. 

Peltu T. Hasanuddin selaku pemateri mengharapkan, dengan pembekalan pengetahuan wawasan kebangsaan ini agar siswa dapat meningkatkan rasa cinta kepada Tanah air, tidak mudah terpengaruh radikalisme dan memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam belajar, serta tumbuh semangat juang Bela Negara untuk memajukan bangsa Indonesia.

Sementara para dewan Guru MAN 6 Tangse yang turut hadir mendampingi siswanya dalam kegiatan tersebut mungicapkan terimakasih kepada Pihak Koramil 16/Tangse atas pembekalan materi Wawasan kebangsaan kepada Siswa/siswinya.

" kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan kedisiplinan serta motivasi aemangat belajar dan rasa cinta terhadap Tanah Air  bagi siswa/siswi semua, semoga mereka semua  menjadi generasi yang unggul dimasa depan,"(T2)