Kelompok Tani Kampung Gelampang Gading Ciptakan Puluk APH

Takengon-aceh.expost.co.id

Antisipasi semakin melonjaknya harga pupuk dan obat-obatan pertanian, Kelompok Tani Ingin Makmur Kampung Gelampang Gading, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah bersama mahasiswa dan mahasiswi Universitas Teuku Umar Aceh Barat melakukan kegiatan pembuatan pupuk oganik.Selasa 18 Juli 2023.


Pembuatan pupuk organik yang diberi nama Agensia Pengendalian Hayati ( APH ) dilakukan seiring semakin mahalnya harga pupuk dan obat-obatan kebutuhan pertanian yang kian hari semakin melambung tinggi, serta sebagai upaya menekan populasi patogen yang dapat berakibat pada pertumbuhan tanaman masyarakat, kata Sukadi Kepala Kepala Kampung Gelampang Gading.


“ Ini kali ke dua yang dilakukan kelompok tani ingin makmur dalam pembuatan pupuk organik Agensia Pengendalian Hayati” ucap Sukadi.


Lebih lanjut menurutnya dengan adanya dibuat pupuk organik ini bertujuan, selain untuk mengantisipasi tinggi nya harga pupuk juga dapat menyeimbangkan antara kebutuhan tanaman dan unsur patogen itu sendiri. Jelasnya.

Sementara dalam pembuatan pupuk agensia pengendalian hayati ini, sambung Sukadi, bahan-bahannya juga tergolong mudah didapat, seperti untuk alat pembuatan pupuk cukup menyediakan baskom, jerigen, corong dan hendspray. Ucapnya.

Sedangkan untuk bahan pokok pembuatan pupuk juga mudah didapat didaerah ini, karna dalam pembuatan pupuk agensia pengendalian hayati hanya membutuhkan buah kentang, bioveria,alcohol dan bakteri, ungkap Sukadi.

Sementara itu, dalam kegiatan pembuatan pupuk tersebut juga turut didampingi oleh Dinas Pertanian Provinsi Aceh. PHP keumala Pidie. UPTD BPTPH Distambu Aceh. Coordinator POPT Aceh Tengah. PPL Kecamatan Linge. ( * )