Danrem 012/TU Dan Kakanim Bahas Isu Strategis Terkait Inflasi dan Pemberdayaan Ekonomi Melalui Pertanian

Meulaboh-aceh.expost.co.id

Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S.I.P., menerima kunjungan dari Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II Non TPI Meulaboh, Bapak Fauzi, SH.,MAP, di Lahan Food Estate Korem 02/TU. Desa Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Aceh Barat, Senin (3/7).

Kunjungan ini menjadi momen diskusi yang hangat, membahas isu strategis terkait inflasi, pemberdayaan ekonomi melalui pertanian dengan program Food Estate, pengawasan orang asing (POA), serta peningkatan ekonomi di wilayah Barsela melalui pelabuhan laut.

Dalam pertemuan tersebut, Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, menyoroti isu pengendalian inflasi untuk menjaga stabilitas ekonomi dengan mengubah lahan tidur menjadi lahan yang produktif untuk memenuhi kebutuhan pangan melalui perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan. 

Korem 012/TU juga membangun sekat kanal blocking system di lahan food estate untuk menjaga kelembaban dan mencegah kebakaran lahan. Sekat kanal ini juga dimanfaatkan sebagai keramba ikan dan untuk penyiraman.

Selain itu, kunjungan ini memperlihatkan penjajakan potensi ekonomi wilayah Barsela melalui pelabuhan laut. Sinergi dengan Imigrasi, Karantina, Syahbandar, Bea Cukai, dan Pelindo diharapkan dapat memajukan sektor ekonomi wilayah ini.

Danrem berharap kunjungan ini mempererat silaturahmi dan kerjasama antara Imigrasi Meulaboh dan Korem 012/TU, untuk mewujudkan potensi pertanian dan peternakan yang berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Barsela.

Dalam akhir kunjungannya, Kepala Kantor Imigrasi Meulaboh Bapak Fauzi berkesempatan meninjau langsung berbagai tanaman, ternak ikan lele, sapi, dan komoditas lainnya di Lahan Food Estate Korem 012/TU.