Arahan Pemeliharaan Kamtibmas Menjelang Pemilu 2024 Wilayah Hukum Polres Langsa

Langsa - Aceh.satusuara.co.id:

Untuk memberikan pemahaman terhadap Pemerintahan tingkat Kecamatan terkait tahapan Pemilu serta mensukseskan pergelaran Pesta Demokrasi / Pemilu Tahun 2024.


Kapolres Langsa AKBP Muhammadun, SH memberikan Arahan Pemeliharaan Kamtibmas Menjelang Pemilu 2024 di Wilayah Hukum Polres Langsa kepada jajaran pemerintahan Kecamatan se Kecamatan Kota Langsa, beserta para geuchik se Kota Langsa dan kegiatan berlangsung di Aula Adhi Pradana Polres Langsa, 04 Juni 2023.


Kapolres Langsa AKBP Muhammadun SH dalam kesempatannya di acara tersebut mengatakan Terkait dengan Pemilu Kami akan mengerahkan seluruh personil Kami didalam mengamankan dan mensukseskan Pemilu guna mengantisipasi Guantibmas yang akan terjadi selama Pemilu 2024.


Muhammadun juga menekankan bahwa Kami Polri akan menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pileg dan pilpres di Wilkum Polres Langsa.


Kami akan mengawal Pemilu 2024 mulai dari pelipatan surat suara sampai dengan pengantaran surat suara ke desa yang terdapat TPS nya.


Dalam arahannya Muhammadun juga mengintruksikan Setiap ada masalah sebaiknya dapat diselesaikan dari tingkap bawah dulu setingkat Desa.


Sementara itu diruang yang sama Kabag Ops Polres Langsa Kompol Dheny Firmandika, S.Ab, S.I.K, dalam paparan Materinya yang bertajuk " Pemeliharaan Kamtibmas Secara Umum " mengatakan Polri tidak bisa memilih dan harus Netralitas.


Kami Jajaran Polres Langsa akan turun dalam melakukan pengamanan Pemilu tahun 2024, di sejumlah TPS yang berada di wilayah Kota Langsa.


Adapun jumlah keseluruhan TPS diwilayah 5 Kecamatan se Kota Langsa itu berjumlah 485 TPS dengan rincian


1. Langsa Barat  : 105 TPS

2. Langsa Baro   : 140 TPS

3. Langsa Kota   : 106 TPS

4. Langsa Timur : 47 TPS

5. Langsa Lama  : 87 TPS


Kompol Dheny Firmandika, juga mengatakan Kami akan mengerahkan seluruh personil Polres Langsa didalam mengamankan dan mensukseskan Pemilu guna mengantisipasi Guantibmas yang akan terjadi selama Pemilu 2024.


Kami dari Polres Langsa siap mengawal Pemilu untuk mengantisipasi adanya perbuatan Sara dan tindakan kriminal yang dapat terjadi selama Pemilu berjalan di wilayah hukum Polres Langsa.


Kami berharap kita bisa bersinergitas di dalam menciptakan situasi yang kondusif menjelang Pemilu tahun 2024, dan terkait dengan permasalah penggunaan Mensos, Kami berharap harus bijak menggunakannya.


Kompol Dheny Firmandika, juga mengatakan Kita Harus Tetap Kompak dan bersinergitas untuk menciptakan situasi yang aman serta kondusif menjelang Pemilu tahun 2024 di Kota Langsa, Pungkasnya 


Sementara itu Kasat Intelkam Polres Langsa AKP Alviandi Lubis, S.E, dalam pemaparan Materinya yang berjudul Pencegahan Kamtibmas Menjelang Pemilu 2024, mengatakan ada 16 Program Prioritas Kapolri Dalam penangan Pemilu Tahun 2024 mendatang 

Salah satunya ada di Poin 5 Yaitu Pemantapan Kinerja Pemeliharaan Kamtibmas.


Dalam kegiatan Pemilu 2024 ini kita sudah menyelesaikan beberapa tahapan, sementara ini Tahapan yang sedang berjalan, adalah Pencalonan DPD, DPRA Provinsi, DPRK Kabupaten / KOTA yang di mulai pada 24  april 2023 – 25 November 2023 mendatang


Selanjutnya pada Tanggal 19 Oktober 2023 – 25 November 2023

tahapan Pencalonan Presiden Dan Wakil Presiden RI, kemudian pada 28 November 2023 – 10 Februari 2024

masa Kampanye Pemilu, 11 Februari 2024 – 13 Februari 2024 Masa tenang, 


Pastikan Tidak Ada Kegiatan Partai Politik Caleg Dan Para Pendukungnya Serta Para Relawan Capres Dan Tidak Adanya Atribut Partai Atau Capres Yang Masih Terpasang Dikampung Masing-masing.


14 Februari 2024 Pemungutan Suara, Antisipasi Adanya  Saksi Ilegal Di Sekitar TPS, Antisipasi Munculnya Pematau Pemilu Legal Di Sekitar TPS, Urai Kasat Intelkam Polres Langsa AKP Alviandi Lubis, S.E,


Materi Penanganan Problem Solving oleh Kasat Binmas Polres Langsa diwakili oleh Kanit Binkamsa Ipda Imran.


Pembulatan dan Penutupan oleh Waka Polres Kompol Ichsan, S.H, 


Dalam arahannya Kompol Ichsan, SH mengatakan Saat ini pemerintah sedang menjalankan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden, 


Polres Langsa memandang sangat perlunya menjalin sinegritas yang dimulai dari tingkat gampong untuk sama-sama dapat menjaga kamtibmas demi mensukseskan pemilu 2024 agar tahapan Pemilu dapat berjalan dengan baik tanpa adanya perpecahan didalam lingkungan masyarakat.


Para hadirin yang saya hormati bahwa sebelumnya telah dipaparkan oleh Kabag Ops Polres Langsa bagaimana pentingnya menjaga kamtibmas secara umum dan juga telah dipaparkan oleh Kasat Intel tentang pencengahan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat menejelang Pemilu tahun 2024 serta telah dipaparkan oleh Kasat Binmas tentang bagaimana penangganan, penyelesaian, permasalahan di tingkat gampong / problem solving.


Maka saya menganggap bahwa bapak-bapak peserta arahan ini telah memahami bagaimana pentingnya menjaga kamtibmas dan perpecahan masyarakat di tingkat gampong atau dalam istilahnya perpecahan akar rumput, Pungkas Waka Polres Langsa Ichsan, SH.


Demikianlah rangkaian acara kegiatan Arahan Pemeliharaan Kamtibmas Menjelang Pemilu 2024 Wilayah Hukum Polres Langsa.


Adapun kegiatan tersebut di hadiri lebih kurang 150 orang dan berakhir sekira pukul 11.30 wib berjalan aman serta lancar.


Hadir dalam Kegiatan tersebut

1. Kapolres Langsa AKBP Muhammadum, S.H.

2. Waka Polres Langsa Kompol Ichsan, S.H.

3. Kabag Ops Polres Langsa Kompol Dheny Firmandika, S.Ab, S.I.K.

4. Kasat Intelkam Polres Langsa AKP Alviandi Lubis, S.E

5. Kasat Binmas Polres Langsa diwakili oleh Kanit Binkamsa Ipda Imran.

6. Jajaran Camat Sepemko Langsa.

7. Ketua Apdesi Kota Langsa Junaidi.

8. Ketua Forum Sekecamatan Kota Langsa.

9. Para Geuchik Sekecamatan Kota Langsa

10. Tokoh Pemuda.


Sumber Humas Polres Langsa

Wartawan.Wiwin Hendra